Thursday, September 15, 2016

ANALISA SISTEM INFORMASI

Kami dari kelompok dengan beranggotakan 5 orang menganalisa secara deskriptif sistem informasi yang digunakan di perpustakan Fakultas Kedokteran UNJANI. Semua informasi kami dapatkan dengan metode wawancara secara langsung tatap muka dengan Ibu Rini yang sedang berjaga diperpustakaan pada hari rabu bertanggal 14 September 2016.
Ibu Rini menjelaskan kepada kami bahwa sistem informasi yang digunakan adalah Slim versi Cendana. Sistem ini merupakan sistem yang ditetapkan dari KEMENDIKBUD yang bekerja sama dengan DIKTI. Sistem Slim ini tersedia dalam berbagai versi, ada versi Meranti, Cendana, dsb. Sebagai anggota perpusakaan kita dimudahkan dengan sistem yang ada disini. Saat kita berkunjung kita cukup mengisi daftar kunjungan dengan menscan kartu keanggotaan perpustakaan yang kita punya. Kartu ini bisa kita dapatkan dengan mendaftar dan mengisi formulir yang diberikan oleh petugas perpustakaan. Daftar kunjungan atau absensi ini diperlukan oleh pihak perpustakaan untuk data statistik perpustakaan. Saat kita menscan kartu komputer akan menampilkan urutan kita sebagai pengunjung dihari tersebut dan jumlah kita berkunjung.
Kartu keanggotan di perpustakaan FK UNJANI terdiri dari 3 jenis yaitu, 1) Standar bagi mahasiswa aktif FK UNJANI, 2) untuk mahasiswa dengan Tugas Akhir, 3)untuk mahasiswa CoAssistant(CoAss) . Mahasiswa dari universitas lain seperti STIKES juga bisa mengakses buku yang ada diperpustakaan ini dengan mengetikkan nama dan instansi diabsensi. Bagi anggota dengan kartu keanggotaan standar batas maksimum peminjaman buku hanya 2 buku untuk jangka waktu 1 minggu, jika kita ingin memperpanjang peminjaman kita dapat melakukannya dengan menghubungi call center atau petugas perpustakaan, kita juga tidak harus membawa buku yang kita pinjam saat melakukan perpanjangan, perpanjangan buku dapat dilakukan 2x yang berarti kita bisa mendapat perpanjangan waktu peminjaman hingga 2 minggu. Jika kita terlambat mengembalikan buku kita akan didenda Rp.1000,00 perhari dengan pemotongan saat hari libur. Di perpustakaan FK UNJANI kita juga dapat melakukan reservasi dengan menghubungi call center.
Sistem yang ada di Perpustakaan FK UNJANI berfungsi untuk mengelola semua buku, text book, maupun jurnal yang ada di perpustakaan tersebut. Sistem ini juga memungkinkan kita untuk mengakses buku secara langsung ataupun online melalui komputer atau gadget yang kita punya. Kita hanya perlu masuk kewebsite perpustakaan FK UNJANI dengan memasukkan username dan password lalu masuk ke submenu OPAC. Kita dapat mencari buku yang kita cari dengan mengetikkan keyword atau nama buku tersebut. Saat kita mengklik dibagian buku tersebut, halaman akan menampilkan jumlah buku, buku yang dipinjam dan buku yang tersedia.
Lebih lanjut, mengenai pencarian buku secara langsung diperpustakaan dijelaskan oleh Pak Rizal yang bertugas sebagai Teknisi diperpustakaan tersebut, Pak Rizal dapat membantu kita jika kita kesulitan mencari buku. Pak Rizal menjelaskan kepada kami cara mencari buku yang kita cari dengan melihat nomor panggilan jenis buku yang kita cari, misal buku anatomi dengan nomor panggilan tertentu. Kita juga dapat melihat melalui daftar buku yang terdapat dirak melalui informasi yang telah ditempelkan dirak tersebut.
Berikut dokumentasi kami selama wawancara dengan petugas perpustakaan.

 


0 comments:

Post a Comment