Thursday, September 8, 2016

Bahaya Kurang Tidur Sebabkan 7 Masalah Ini

Tidur menjadi kebutuhan manusia dan benar-benar harus terpenuhi. Sebab jika tubuh kurang tidur beragam masalah kesehatan segera mengintai Anda.
Meski kebutuhan tidur harus terpenuhi, bukan berarti Anda harus tidur sepanjang hari. Terlalu lama tidur juga tidak memberikan keuntungan bagi tubuh.
Begitu pula ketika Anda kurang tidur, beragam masalah kesehatan akan menyerang tubuh Anda. Seperti dikutip laman Business Insider, ditulis Kamis (8/9/2016) bahaya kurang tidur bisa menyebabkan masalah kesehatan berikut ini.
1. Emosional tingkat tinggi
Individu yang kurang tidur cenderung lebih sensitif dari biasanya. Mereka cenderung cepat marah dan sulit mengatur emosi.
Tim peneliti dari Israel, melakukan sebuah tes kepada sekelompok warga medis yang kurang tidur dan menemukan bahwa efek emosional yang negatif terjadi akibat individu kurang tidur.
2. Berat badan
Individu yang kurang tidur memiliki ketidakseimbangan hormon yang berpengaruh dengan meningkatnya nafsu makan. Terlebih mereka yang kurang tidur biasanya mengidam makanan berkalori tinggi namun tak cukup waktu untuk membakarnya, alhasil berat badan mendadak naik.
3. Penglihatan menurun
Kurang tidur akan menyebabkan indera penglihatan menurun. Seperti susah fokus, menjadi ganda, atau kabur. Semakin sering Anda kurang tidur, semakin besar kemungkinan Anda mengalami halusinasi.
4. Minum teh
Kebanyakan orang Indonesia meminum teh setelah makan. Sebaiknya, mulai sekarang hindari minum teh setelah makan karena teh mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan yang telah dikonsumsi.
5. Duduk terlalu lama
Setelah makan, usahakan untuk tidak duduk terlalu lama karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Cobalah untuk berjalan-jalan sebentar setelah makan.
6. Latihan kekuatan
Salah satu hal yang harus dihindari setelah makan yakni latihan kekuatan karena dapat menyebabkan refleks asam, cegukan, mual dan lainnya.
7. Rebahan
Hindari kebiasaan rebahan atau berbaring tepat setelah makan karena hal ini dapat mengganggu "perjalanan" makanan di pencernaan dan menyebabkan asam lambung naik.
(Aluna Swara)

sumber : klik di sini

0 comments:

Post a Comment